COUNTDOWN KEGIATAN

POLLING

KPU Kudus : Sukses Pemilu Butuh Dukungan Banyak Pihak

Posting : 19 April 2013 sudah dilihat sebanyak 14691 x

Kudus, kpukudus.com – Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) bukan sekadar ritual lima tahunan semata. Rakyat memiliki kedaulatan penuh dalam menentukan pemimpin yang berkualitas. Namun rakyat belum sepenuhnya memahami proses berdemokrasi ini.

Di sinilah sosialisasi Pemilu Bersama, Pemilihan Gubernur Jawa Tengah dan Pemilihan Bupati Kudus 2013 menemukan konteks makna yang strategis. Pemilihan umum harus berjalan demokratis, berkualitas, transparan, dan akuntabel.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Kudus, Gunari A. Latief saat membuka sosialisasi Pemilu Bersama bertajuk “Sukseskan Pemilu Bersama 2013 Berkualitas dan Bermartabat”, di gedung Sekretariat Daerah Lantai IV pada Rabu, (17/4).

Acara ini mengundang beberapa elemen.  Yaitu pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Camat dan Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Kudus.

Gunari mengajak semua pihak untuk andil dalam menyukseskan pemilukada ini. “KPU sangat mengharapkan semua pihak untuk ikut mengawal pemilu, tak terkecuali elemen masyarakat seperti camat dan kepala desa,” katanya.

Menurutnya tanpa bantuan mereka pemilukada tak akan dapat berhasil. “Indikasi keberhasilan pemilukada ialah terpilihnya Gubernur-Wakil Gubernur dan Bupati-Wakil Bupati yang sesuai dengan harapan masyarakat,” jelasnya.

Sosialisasi itu diisi tiga pembicara, yaitu Eni Misdayani dari KPU Kudus, Bati Susianto (Panwaslu Kudus), Noor Yasin, Sekretaris Daerah (Sekda) Kudus, yang dimoderatori Edy Supratno.

Pemerintah Kabupaten Kudus, menurut Yasin, selalu mendukung jalannya pemilu yang dilaksanakan KPU. “Dukungan ini sudah diatur dalam Permendagri Nomor 9 Tahun 2005 pasal 5,” ungkapnya.

Yasin menyatakan akan terus mendukung berbagai fasilitas seperti persiapan, pelaksanaan, dan koordinasi dengan pihak kemanan seperti TNI dan Polri.

Sementara Panwaslu akan mengawasi tahapan pemilikada dari pemutakhiran Data Pemilih tetap (DPT), kampanye, hingga menindaklanjuti jika ada laporan masyarakat.

“Kami menerima laporan dalam berbagai bentuk, baik secara lisan maupun tertulis. Hal ini demi terselenggaranya pemilukada yang berkualitas dan bermartabat,” pungkas Ketua Panwaslu Bati Susianto. (AR/ES)


| Kembali |

Shere On :


Today : 21 April 2014
S M T W T F S
1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30

SEKILAS INFO

COUNTER PENGUNJUNG
04639428

CONTACT ONLINE

LINK

HASIL PEMILU 2014

KPU

KPU Provinsi Jawa Tengah

Kabupaten Kudus

| Home | Profil Anggota KPU | Personil Sekretariat KPU | Visi & Misi | Kontak KPU|
KPU KABUPATEN KUDUS 2014